Luxury4Play.com banner
1 - 1 of 1 Posts

·
Registered
Joined
·
1 Posts
Discussion Starter · #1 ·
Asap cair digunakan sebagai bahan pengawet makanan yang lebih aman daripada formalin. Untuk membuat asap cair diperlukan alat khusus yang sederhana, murah dan mudah dalam pembuatan dan pengadaan bahan baku. Asap cair merupakan suatu hasil destilasi dari uap hasil pembakaran tidak langsung maupun langsung dari bahan yang banyak mengandung karbon dan senyawa-senyawa lain.

Bagian utama dari alat pembuat asap cair sederhana adalah tabung pirolisis dan tabung distilasi yang dihubungkan oleh pipa yang dipasang penampung tar. Reaksi pembakaran kering berlangsung pada tabung pirolisis, asap hasil pembakaran dikondensasi dalam pipa koil melingkar yang terendam dalam tabung yang berisi air. Hasil yang diperoleh berupa aliran asap cair, untuk digunakan harus dilakukan proses pemurnian.

Yuk Simak Cara Pembuatan Dan Bahan Asap Cair

Gas Electric blue Cylinder Event Metal


Cara Membuat Bio Pestisida Asap Cair

Bahan:
  • Tempurung kelapa, sekam padi dan limbah kayu
  • 2 buah drum bekas
  • Tungku pembakaran
  • Pipa besi
  • Wadah untuk menampung asap cair
  • Air bersih.
Cara Membuat:
  1. Sekam padi, limbah kayu dan tempurung kelapa dibersihkan terlebih dahulu
  2. Kemudian semua bahan dikeringkan / diangin-angin
  3. Sebagian limbah kayu dan tempurung kelapa kemudian dicincang/dihancurkan terlebih dahulu agar ukurannya kecil
  4. Tutup drum dimodifikasi sedemikan rupa (lihat skema) dan dipasangi pipa
  5. Usahakan tutup drum dibuat rapat supaya asap keluar hanya melalui pipa
  6. Drum yang lainnya diisi air dingin hingga penuh (Sebagai kondensor/pendingin)
  7. Pipa dihubungkan (dicelupkan) kedalam drum pendingin (kondensor)
  8. Sekam padi, tempurung kelapa dan limbah kayu dimasukkan kedalam drum pengarangan/pemanasan dan ditutup rapat
  9. Sebagian tempurung kelapa (tidak perlu dihancurkan) dimasukkan dalam tungku pembakaran kemudian dinyalakan
  10. Proses pemanasan (pirolisa) berlangsung cukup lama dan akan mengeluarkan asap melalui pipa yang terendam di drum kondensor
  11. Asap yang terkondensasi didalam drum berisi air akan mengembun dan mengeluarkan cairan hasil kondensasi (pendinginan), cairan yang keluar merupakan campuran heterogen antara asap cair dan tar ditampung pada wadah yang sudah disediakan
  12. Proses pemanasan (pirolisa) berakhir jika Destilasi asap cair tidak menetes lagi dalam wadah.
Cannon Motor vehicle Gas Pollution Vehicle

Klik Tautan Ini: Destilasi Asap Cair

Manfaat Asap Cair Untuk Tanaman

Asap cair merupakan suatu hasil kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbon lainnya. Bahan baku yang banyak digunakan antara lain berbagai macam jenis kayu, bongkol kelapa sawit, tempurung kelapa, sekam, ampas atau serbuk gergaji kayu dan lain sebagainya.

Asap cair merupakan campuran terlarut dari disperse asap tempurung dalam air yang dibuat dengan mengkonden sasikan asap hasil priolisis tempurung atau merupakan kondensat dari asap tempurung yang di dalamnya terkandung berbagai unsur senyawa dengan titik didih yang berbeda beda.

Di bidang pertanian, asap cair digunakan untuk meningkatkan kualitas tanah dan menetralisir asam tanah, Membunuh hama tanaman dan mengontrol pertumbuhan tanaman, pengusir serangga, mempercepat pertumbuhan pada akar, batang, umbi, daun, bunga, dan buah. Dengan demikian asap cair diyakini dapat menggantikan fungsi pestisida kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.


Kegunaan Asap Cair Untuk Tanaman

Di bidang pertanian, asap cair digunakan untuk meningkatkan kualitas tanah dan menetralisir asam tanah, Membunuh hama tanaman dan mengontrol pertumbuhan tanaman, pengusir serangga, mempercepat pertumbuhan pada akar, batang, umbi, daun, bunga, dan buah.

Sebagai penggumpal lateks atau getah karet. Dibandingkan menggumpalkan dengan asam semut, penggunaan asap cair ini lebih unggul, karena getah karet yang menggumpal menjadi tak berbau lagi. Penambahan asam semut justru memicu pertumbuhan bakteri sehingga muncul ammonia dan sulfida.

Senyawa itulah yang menyebabkan getah karet yang menggumpal itu berbau busuk. Untuk menggumpalkan 200 liter getah karet, pekebun cuma perlu 1 liter asap cair. Manfaat lain, kualitas meningkat karena karet menjadi lebih putih.Sebagai pengawet makanan. Asap cair merupakan pengawet makanan alami pengganti formalin, dan sebagai penghilang bau


Kandungan Asap Cair

Kandungan asap cair terbesar berupa senyawa fenol, 2-metoksi fenol atau guaiacol, senyawa furan, senyawa piran dan karbonil. Senyawa fenol dan 2-metoksi fenol atau guaiacol merupakan suatu senyawa dengan sifat antioksidan.
 
1 - 1 of 1 Posts
Top